15 Cara Ampuh Membersihkan Karang Gigi

shares |

15 Cara Ampuh Membersihkan Karang Gigi
Sebelum kita membahas tentang cara membersihkan karang gigi, alangkah baiknya jika kita bahas terlebih dulu apa itu plak. Plak ialah lapisan yang tidak terlihat pada gigi dan gusi yang terbentuk akibat bakteri di mulut. Plak tadi akan terlihat bila gigi tidak dibersihkan dengan rutin, yang dapat menimbulkan zat yang berwarna keputihan / kekuningan pada permukaan gigi. Plak bisa dihilangkan dengan menyikat gigi secara teratur karena sifatnya yang lunak. Namun bila plak tadi tidak rutin di bersihkan atau disikat maka plak akan berubah menjadi tartar atau karang gigi. Nah, sekarang kita bahas apa itu tartar atau karang gigi. Tartar adalah lapisan yang terdapat dipermukaan gigi yang terbentuk akibat plak yang mengeras sering kita kenal dengan sebutan Dental Kalkulus / Karang Gigi. Nah, plak tadi akan mengeras dan berubah menjadi
tartar atau karang gigi dalam waktu tertentu, biasanya dalam waktu lebih dari 10 hari. Hingga pada akhirnya tartar dapat meningkatkan penumpukan Plak, dengan menyediakan permukaan yang kasar sebagai tempat menempelnya Plak di gigi. Pada umumnya Tartar terbentuk di antara celah- celah gigi dan gusi yang biasanya sulit dijangkau pada saat menyikat gigi. Untuk itu jangan tunggu plak menjadi tartar. Karena berbeda dengan plak, yang lebih mudah dibersihkan dengan menyikat gigi saja. Tartar akan lebih sulit dibersihkan jika cuma dengan menyikat gigi biasa saja.

Akibat adanya plak dan tartar pada gigi :
1. Plak dan tartar memiliki kandungan bakteri yang dapat memecah makanan di mulut dan akan memproduksi asam lalu akhirnya menyerang struktur gigi sehingga mengakibatkan lubang pada gigi. Asam ini juga dapat menyebabkan gusi jadi teriritasi dan akhirnya akan terlihat memerah, bengkak, ngilu, dan dapat juga menyebabkan pendarahan pada gigi dan gusi. Selain itu plak juga bisa menghancurkan gusi dan struktur lain yang melindungi gigi, kemudian akibatnya gigi akan rusak dan tanggal.

2. Dapat menyebabkan noda pada gigi.

3. Akan membuat bau mulut diakibatkan oleh aktifitas bakteri yg berlebihan dan akibat dari gigi berlubang yang disebabkan oleh tartar.

Jika kita sudah mengetahui penyebab dan akibat dari plak dan tartar, sekarang kita bahas cara mengatasi nya.

15 Cara yang ampuh dan alani mengatasi tartar atau karang gigi :
1. Sikat gigi dengan rutin sebelum tidur dan pada saat setelah bangun tidur. Gosok gigi sampai merata yaitu dengan mengarahkan sikat gigi ke arah yang tepat. Yaitu menggosok gigi ke arah bawah dan ke atas. Kemudian gosok bagian dalam gigi, permukaan gigi yg biasa digunakan untuk mengunyah, serta bagian dalam lain dengan merata.

2. Sikat gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung Fluoride & anti tartar.

3. Menggunakan benang gigi atau dental floss dengan teratur supaya sisa makanan yang terselip di dalam sela gigi bisa hilang.

4. Disarankan untuk mengurangi makanan yg mengandung gula. Karena gula dapat menjadi lengket dan menempel pada permukaan gigi.

5. Memakai lidah buaya
Lidah buaya dipercaya efektif mengatasi masalah penyakit pada gusi yg disebabkan plak dan karang gigi. Lidah buaya dapat membunuh bakteri yg bisa menyebabkan penumpukan plak. Caranya : Kupas kulit lidah buaya kemudian sisakan isi atau gel nya. Kemudian gosokkan pada gigi. Tunggu selama kurang lebih 10 menit, kemudian kumur- kumur dengan menggunakan air bersih. Lakukan kegiatan ini dengan teratur 1 sampai 2 kali dalam sehari supaya hasilnya lebih memuaskan.

6. Menggunakan kulit jeruk
Caranya yaitu dengab menggosokan kulit jeruk ke karang gigi berulang- ulang. Lakukan hal ini denga  rutin supaya mendapat hasil yang memuaskan. Kandungan vitamin C yang terdapat pada jeruk bagus untuk kesehatan gigi.

7. Menggunakan apel
Selain dapar digunakan untuk memutihlan gigi, apel juga dapat digunakan untuk membersihkan karang gigi. Hal ini terjadi karena buah apel memiliki vitamin c yang baik untuk kesehatan gigi. Konsumsi buah apel secara teratur supaya mendapatkan hasil yang muaskan.

8. Rutin berkumur setelah makan
Selain cara- cara diatas berkumur juga bisa dijadikan solusi ampuh yang bisa mengikis karang gigi. Hal ini terjadi karena pada saat berkumur sisa- sisa makanan yang ada dalam sela gigi bisa terangkat. Apalagi jika kamu berkumur menggunakan obat kumur yang mempunyai zat aktif yang bisa mengikis karang gigi dengan maksimal.

9. Teratur mengunyah buah dan sayuran
Biasakan untuk mengunyah buah dan sayuran seperti buah apel, melon, aeledri dan wortel. Kunyah sayuran dan buah- buahan tersebut 1 jam setelah makan. Selain bisa mengangkat sisa makanan juga dapat membersihkan karang gigi.

10. Menggunakan tomat dan strawbery
Oleskan tomat dan strawbery ke permukaan gigi, tunggu sampai 5 menit kemudian bilas atau kumur dengan air bersih. Selain membersihkan hal ini juga bisa membunuh bakteri pada mulut dan gigi.

11. Memakai biji wijen
Kunyah segenggam biji wijen dengan waktu 4 sampai 5 menit. Tapi perlu diingat pada saat mengunyah jangan telan biji wijennya. Kemudian sikat gigi, kemudian sikat gigi kamu dengan biji wijen tadi. Biji wijen ini akan menjadi seperti scrub alami yang dapat membersihkan dan menghilangkan karang gigi.

12. Menggunakan teh hitam
Kumur- kumur menggunakan teh hitam bisa mengontrol bakteri yang terdapat pada mulut dan bisa mengurangi resiko pembentukan plak, dikarenakan teh hitam mengandung antioksidan dan bersifat antimikroba. Teh hitam juga mengandung fluoride. Mineral ini dapar membantu mencegah kerusakan gigi, karena dapat merubah enamel gigi menjadi lebih baik dan dapat mengurangi kemampuan bakteri yang terdapat pada mulut supaya menghasilkan asam yang menyebabkan kerusakan gigi. Caranya : seduh secangkir teh hitam dengan air panas. Tunggu sampai teh menjadi dingin. Kemudian gunakan teh tersebut untuk berkumur, lakukan dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

13. Menggunakan air putih

14. Menggunakan pasta gigi khusus
Gunakan pasta gigi yang mengandung fluroid atau tartar control. Karena kandungan tersebut terbilang ampuh untuk menghilangkan karang gigi.

15. Konsultasi dan periksakan serta besihkan karang gigi ke dokter gigi
Jika semua alternatif alami sudah di lakukan tapi karang gigi masih tetap membandel, alangkah baiknya bersihkan karang gigi kamu ke dokter, selain dokter lebih ahli mereka juga memiliki peralatan khusus yang tentunya lebih aman dan terjamin hasilnya.

Itulah beberapa cara untuk membersihkan karang gigi. Alangkah baiknya jika konsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum menggunakan tips ini.
Jagalah kebersihan gigi kita sebelum menjadi karang gigi. Mohon maaf jika ada kesalahan
Silahkan like dan share, semoga bermanfaat. Thanks :)

Related Posts

0 comments:

Post a Comment