Cara Tepat Merawat Tas Agar Tetap Awet

shares |

Cara Tepat Merawat Tas Agar Tetap Awet
Siapa yang tak ingin memiliki berbagai macam tas dengan model dan bahan yang beragam? Tentu hal ini menjadi dambaan hampir setiap wanita yah. Karena dengan memakai tas terkadang dapat menambah kepercayaan diri si pemakainya. Karena itulah tak jarang beberapa wanita memilih tas untuk menunjang penampilannya. Namun sebagian wanita mungkin mengalami kebingungan tentang bagaimana cara merawat tas nya supaya tetap awet dan tahan lama. Karena setiap tas memiliki jenis bahan yang berbeda- beda, tentunya cara merawatnya pun berbeda juga. Dibawah ini ada beberapa tips merawat tas sesuai bahan atau materi tas tersebut :
1. Tas berbahan leather (Kulit)
Cara merawat tas yang berbahan kulit yaitu dengan menyemir tas kulit (pilih semir warna netral) setiap 3 sampai 4 bulan sekali. Semir dengan menggunakan sikat yang berbulu halus. Lakukan penyemiran mulai dari bagian bawah tas untuk memastikan semir tak merusak warna asli dari tas tersebut. Kemudian sikat tas dengan perlahan ke arah atas sesuai tekstur kulit.

2. Tas berbahan Patent Leather
Tas yang berbahan patent (kulit lak paten), kamu dapat memakai mineral oil, petroleum jelly / aseton untuk membantu membersihkan kotoran dan noda kecil pada tas. Cara membersihkannya dengan meletakkan pembersih yang kamu pakai di atas kain yang lembut. Usapkan dengan perlahan dengan cara menekanan lembut pada bagian tas yang terkena noda sampai hilang.

3. Tas berbahan Kain
Biasanya untuk tas yang berbahan kain dirawat dengan memakai vacum cleaner yang berukuran kecil. Dengan cara ini semua debu dan kotoran pada tas akan mudah hilang. Tetapi pemakaian vacum cleaner cuma dapat dipakai jika tas mempunyai konstruksi yang kuat. Jika tidak, kamu dapat juga membersihkannya dengan memakai air hangat yang diberi sedikit detergent. Sebaiknya jangan mencuci dengan cara disikat, cukup dengan mengkucek sedikit hingga noda hilang.
Tas kain dengan manik- manik, bebatuan, / ornamen biasanya lebih sulit dibersihkan, apalagi jika terkena noda. Sebaiknya jangan bersihkan sendiri tas kain dengan jenis ini karena dapat merusak warna dan ornamennya. Disarankan lebih baik mengunjungi tempat jasa membersihkan tas saja.

4. Tas berbahan Suede
Tas suede memiliki tekstur yang lembut yang terbuat dari kulit kambing yang dianyam. Cara membersihkannya cukup dengan menyikatnya untuk menghindari bahan suede mengeras dan terlihat kusam. Untuk menjaga tekstur kulitnya tetap lembut, jangan simpan tas di tempat lembab. Sedangkan untuk membersihkan bagian dalamnya, pakai penyedot debu kecil agar kotoran yang menyelip dapat mudah hilang. Kemudian, bungkus tas dengan memakai kertas tisu bebas asam lalu masukkan ke dalam kotak dengan posisi rebah. Supaya tas tidak mudah berjamur sebaiknya angin- anginkan tas sesekali.
Dilihat dari jenis noda nya tas suede dapat di bersihkan dengan cara berikut. Bila tas suede terkena noda kering, bersihkan dengan memakai penghapus pensil berbahan karet kenyal. Sapukan penghapus di bagian tas yang terkena noda.
Jika terkena noda yang basah, membersihkannya dengan menempelkan handuk kecil ke bagian yang basah supaya air terserap hingga kering, selanjutnya baru kamu dapat memakai penghapus pensil. Perlu diperhatikan jangan membersihkan bahan suede dengan memakai produk penghapus noda seperti aseton, karena dapat merusak bahan suede tersebut. 

5. Tas berbahan plastik
Caranya dengan menyiapkan air yang sudah ditetesi sedikit sabun. Sabun yang digunakan boleh sabun apa saja. Bersihkan permukaan Tas Plastik / Bags Plastics dengan kain lap yang sudah dibasahi dengan larutan sabun tadi. Kemudian, bersihkan sisa sabun dengan lap kering. Lalu angin- anginkan tas hingga kering. Supaya Tas Plastik tetap mengilap, semprotkan silicone wax pada permukaan tas.

6. Tas Anyaman Jerami
Untuk membersihkan debu di sela- sela anyaman jerami, pakai penyedot debu kecil. Supaya tas terlihat mengilap, pada saat membersihkan tas, kamu dapat memakai cairan pembersih untuk sepatu kets. Caranya, pakai lap bersih untuk mengulaskannya. Kemudian, keringkan dengan cara digantung di tempat teduh. Disarankan jangan menjemur tas dibawah sinar matahari langsung karena dapat menyebabkan tas mengerut.

7. Tas Rantai
Tas dengan aplikasi rantai juga perlu perawatan khusus. Caranya dengan membersihkan rantai dengan cara membungkus rantai dengan kain flanel, lalu masukan kain ke dalam rantai lalu tarik. Lakukan berulang- ulang sampai tas rantai kamu kembali seperti baru.

Itulah beberapa tips untuk cara merawat atau membersihkan tas. Tapi akan lebih baik jika tas kamu di rawat ke jasa perawatan tas, karena mereka lebih ahli dan sudah mengetahui hal- hal tentang tas. 
Mohon maaf jika ada kesalahan...
Semoga bermanfaat yah
Silahkan like dan share jika menurutmu ini bermanfaat...
Thankyou 😉

Related Posts

0 comments:

Post a Comment