Cara Ampuh Menghilangkan Komedo Secara Alami Dan Cepat

shares |



Cara Ampuh Menghilangkan Komedo Secara Alami Dan Cepat

Ada berbagai macam masalah kulit yang dialami baik oleh pria dan wanita terutama masalah pada kulit wajah, nah salah satunya si Komedo. Yah komedo, adalah tonjolan kecil yang memiliki dua warna yaitu putih (whitehead) dan yang berwarna hitam (blackhead), komedo muncul disebabkan karena adanya penyumbatan pada pori- pori kulit pada wajah. Biasanya komedi muncul di area hidung. Biasanya jika dibiarkan Komedo bisa berkembang dan berubah menjadi jerawat, biasanya dikenal dengan papul / pustule. Umumnya Komedo muncul dan berkembang ketika setelah masa pubertas, saat kadar hormon menghasilkan sebum yang berlebih.
Fungsi sebum ini adalah untuk melembabkan kulit, sebum itu mengalir keluar melalui pori- pori yang terbuka. Terkadang pada saat mengalir keluar sebum tersebut tersumbat dan mengakibatkan menumpuknya bakteri dipori- pori. Hal inilah yang mengakibatkan adanya komedo. Buat kamu yang memiliki masalah komedo ini, jangan khawatir karena disini akan dijelaskan tentang beberapa cara alami untuk mengilangkan komedo. Bahan yang diperlukan juga mudah didapatkan disekitar rumah. Selain lebih sehat dan dipercaya ampuh, menggunakan bahan alami juga tidak memiliki efek samping selama cara Penggunaannya benar dan tidak berlebihan. Akan tetapi umumnya diperlukan kesabaran ekstra untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari cara alami ini, karena beberapa cara ini tidak instan dan memerlukan ketelatenan.
Berikut beberapa cara menghilangkan komedi yang ampuh dan alami 
1. Pepaya
Selain enak, pepaya juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kulit. Salah satu manfaat dari pepaya ini adalah untuk mengatasi komedo. Pepaya mengandung Papain yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Selain itu, pepaya juga mengandung proteolitik yang bermanfaat untuk mencegah serta menghilangkan jerawat dan komedo.
Pemanfaatan pepaya untuk wajah yaitu bisa dibuat masker. Cara membuatny yaitu haluskan potongan buah papaya sampai halus lalu oleskan pada sekitar wajah yang berkomedo secara merata. Tunggu beberapa menit kemudian bilas dengan air bersih. Disarankan lakukan hal ini secara teratur pada saat akan tidur dan bangun tidur.

2. Baking Soda
Salah satu manfaat dari baking soda adalah untuk membersihkan komedo dan jerawat. Baking soda berfungsi untuk membersihkan kotoran yang menumpuk pada kulit wajah. Caranya yaitu dengan mencampurkan 2 sdt baking soda dan air matang untuk dijadikan pasta. Oleskan pasta tadi ke daerah kulit yang berkomedo sambil di pijat dengan lembut. Tunggu beberapa menit sampai pasta kering, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan hal tersebut 2 sampai 2 kali dalam seminggu.

3. Lidah Buaya
Gel lidah buaya dipercaya berkhasiat untuk mengatasi komedo. Karena mengandung dua jenis hormon, yaitu Auksin dan Giberelin, adalah hormon penyembuhan dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit. Lidah buaya juga dapat dijadikan pelembab alami yang baik untuk kulit. Caranya pemanfaatannya yaitu dengan menyiapkan satu batang lidah buaya, lalu iris menjadi dua bagian. Kemudian ambil lendir atau gelnya dan oleskan ke area hidung maupun wajah yang berkomedo. Lakukan dengan rutin 1 sampai 2 kali sehari hingga komedo hilang.

4. Jus Lemon
Lemon dipercaya ampuh untuk menghilangkan minyak berlebih pada wajah. Karena Lemon mengandung asam alpha-hydroxy yang baik untuk mencegah timbulnya jerawat, komedo dan masalah kulit lainnya. Asam sitrat yang terdapat pada lemon juga dapat membantu mengencangkan pori- pori yang bermanfat mencegah timbulnya komedo. Caranya yaitu campurkan jus lemon dan minyak almond serta gliserin. Campur dan haluskan dengan blender. Kemudian oleskan ke area yang berkomedo sampai merata, diamkan selama 10 menit kemudian bilas menggunkan air bersih. Cara ini juga dipercaya ampuh menghilangkan noda- noda flek hitam pada wajah.  Kamu juga dapat membuat scrub, dengan memcampur air lemon, air garam, madu dan yoghurt. Campurkan bahan tadi kemudian gosokkan dengan lembut ke area yang berkomedo.

5. Teh Hijau
Selain nikmat di buat minuman hangat ataupun dingin, teh hijau juga ampuh membersihkan komedo. Teh hijau mengandung antioksidan tinggi dan enzim, asam amino dan fitokimia seperti polifenol yang baik untuk menghilangkan bakteri penyebab munculnya komedo. Caranya yaitu Campurkan 1 sendok daun kering teh hijau dengan sedikit air, lalu haluskan. Kemudian gosok dengan lembut campuran tadi ke area yang berkomedo selama 2 sampai 3 menit. Scrub alami ini dapat membersihkan kulit dari minyak berlebih dan membantu membuka pori- pori supaya komedo dapat keluar. Lalu bulas dengan air hangat.

6. Putih telur
Putih telur baik untuk membersihkan kulit, mengangkat sel kulit mati, menyerap minyak berlebih dan mengencangkan pori- pori kulit. Caranya yaitu dengan memoleskan putih telur ke wajah yang berkomedo atau hidung dengan merata, lalu diamkan sampai terasa mengering, sekitar 25 sampai 30 menit. Kemudian bilas wajah menggunakan air hangat.

7. Kunyit bubuk
Kunyit mengandung banyak nutrisi yang baik seperti protein, serat, niasin, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, kalium, kalsium, tembaga, besi, magnesium serta seng.
Caranya yaitu campur bubuk kunyit dengan dua sdm air jeruk, lemon atau mint. Oleskan ke daerah yang berkomedo. Tunggu beberapa menit sampai kering kemudian cuci bersih dengan air hangat. Kamu juga dapat membuat pasta dengan mencampurkan bubuk kunyit dan susu. Kemudian oleskan ke area yang berkomedo tunggu 10 menit lalu bilas dengan air bersih.

8. Madu dan susu
Susu mengandung asam laktat yang bisa membuat kulit lebih lembut. Serta madu memiliki sifat antibakteri. Kedua bahan tersebut dipercaya ampun mengatasi masalah kulit seperti komedo

9. Tepung jagung
Tepung jagung berfungsu sebagai abrasive untuk membersihkan kotoran yang menutupi pori- pori di kulit Anda.
Caranya yaitu campur satu sdm bubuk tepung jagung atau maizena dengan susu / air biasa. Sebelum itu gunakan uap untuk membantu membuka pori- pori pada wajah. Lalu oleskan campuran tersebut dengan gerakan melingkar. Tunggu beberapa menit, kemudian cuci muka dengan air biasa atau air ingin untuk menutup kembali pori- pori wajah.

10. Gula dan minyak zaitun
Minyak zaitun bermanfaat sebagai pelembab alami untuk kulit kering, dan kaya vitamin A dan E dan beberapa mineral dan asam lemak, fungsiny untuk membuat kulit menjadi lembut dan halus. Selain itu minyak zaitun juga merangsang proses penyembuhan kulit. Caranya yaitu campurkan 1 sdt gula dan 1 sdt gula, campur hingga membentuk scrub. Kemudian oleskan dengan lembut ke area yang berkomedo selama 1 sampai 2 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Perhatikan:  Jika kamu memiliki jerawat, jangan menggosok kulit cukup dengan mengoleskan saja. Kamu juga bisa mencapurnya dengan jus lemon untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

11. Timun
Mentimun kaya akan kalium dan vitamin A, C, serta E. Mentimun juga bersifat pendingin alami dan dapat mengurangi bengkak atau sakit pada kulit. Mentimun juga bisa dipakai untuk perawatan kulit pecah- pecah. Selain itu mentimun juga dapat mengurangi radang pada kulit.
Caranya yaitu potong mentimun kemudian rendam dengan air bersih selama kurang lebih 1 jam. Suplemen, vitamin A, kalium dan klorofil yang ada pada mentimun akan terserap ke dalam air. Lalu saring air mentimun kemudian gunakan untuk mencuci wajah. Disarankan lakukan hal ini rutin setiap hari.

12. Cuka sari apel
Cuka sari apel dapat membunuh mikroorganisme penyebab timbulnya komedo, jerawat dan berbagai masalah kulit lainnya. Cuka sari apel dapat menjaga keseimbangan pH kulit, supaya bakteri sulit berkembang dan mengurangi minyak yang berlebih pada wajah. Caranya yaitu terlebih dulu cuci muka dengan bersih kemudian keringkan. Kemudian siapkan bola kapas dan cuka sari apel. Rendam bola kapas tadi ke dalam cuka sari apel, kemudian aplikasikan ke area wajah yang berkomedo selama kurang lebih 10 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan hal ini 3 kali dalam sehari.

13. Kayu manis bubuk
Kayu manis sudah dipercaya selama berabad- abad sebagai obat tradisional di cina dan india. Kayu manis juga dipercaya sangat ampuh mengatasi berbagai masalah kulit. Caranya yaitu campurkan 1 sdt kayu manis bubuk dan lemon. Lalu oleskan ke area wajah yang berkomedo, diamkan selama 10 sampai 15 menit lalu bilas menggunakan air bersih. Kamu juga bisa mencampur 1 st bubuk kayu manis dan madu untuk jadikan pasta. Oleskan ke daerah wajah yang ber komedo sebelum tidur dan diamkan semalaman. Kemudian bilas dengab air bersih pada pagi hari nya. Lakukan hal ini 10 sampai 14 hari.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan komedo yang bisa kamu coba dirumah. Sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter sebelum menggunakan tips ini. Semoga bermanfaat.
Terimakasih...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment