Cara Ampuh Mengupas Bawang Supaya Tidak Menangis

shares |



Cara Ampuh Mengupas Bawang Supaya Tidak Menangis
Bawang merah adalah salah satu bumbu masakan yang selalu ada dalam setiap masakan. Wanginya yang harum dan dapat menambah citrasa pada masakan. Namun, hal yang kurang disukai dari bawang merah ini adalah ketika mengupasnya. Kenapa? Karena si bawang merah ini bisa membuat si pengupasnya tiba- tiba menangis, karena kepedesan. Hehe
Tapi gak usah khawatir nih, karena kita bakal share beberapa tips yang bisa kamu coba sendiri. 
Beberapa tips mengupas bawang supaya tidak menangis :
1. Merendam bawang merah utuh yang sudah dikupas di dalam air es. Diamkan beberapa saat kemudian iris- iris seperti biasa.

2. Mendinginkan bawang merah beberapa menit didalam lemari es. Tunggu beberapa menit kemudan kupas seperti biasa. Proses ini berfungsi untuk memperlambat reaksi kimia yang terlepas pada saat bawang dipotong.

3. Menggigit korek api supaya mencegah air mata mengalir. Caranya ambil beberapa ruas batang korek api kemudian gigit pada saat mengiris bawang.

4. Menggunakan pisau yang tajam, supaya mengurangi penguapan zat yang dapat mengakibatkan kamu menangis. Jika pisau yang kamu gunakan tumpul, maka akan menyebabkan gesekan yang berlebihan sehingga dapat memancing keluarnya zat yang dapat memerihkan mata.

5. Kunyah permen karet atau makanan lain, hal ini dipercaya mampu mengurangi keluarnya air mata. Karena dengan mengunyah, otot pada wajah khususnya di area mata akan bergerak dan mencegah munculnya zat pemerih mata.

6. Menggunakan air yang mengalir. Mengupas atau mengiris bawang di bawah air mengalir bisa mengurangi keluarnya zat yang dapat menyebabkan perih pada mata.

7. Kupas bawang bagian atasnya terlebih dahulu kemudian bagian luarnya.

8. Disarankan untuk membiarkan akar bawang tidak dipotong. Kenapa? Karena ujung akar pada bawang memiliki konsentrasi terbesar dari senyawa belerang, jadi jika dipotong bisa membuat mata perih.

9. Menggunakan cuka diatas talenan. Cara ini diduga cukup efektif untuk mengurangi rasa perih dimata. Caranya semprotkan sedikit larutan cuka ke arah talenan. Larutan cuka berfungsi untuk menghentikan reaksi belerang yang ada pada bawang.

10. Menggunakan kipas angin. Angin dapat membantu menjauhkan zat belerang yang ada pada bawang. Sehingga kita terhindar dari zat yang dapat membuat mata perih tersebut.

Nah itulah beberapa tips mengupas bawang merah supaya tidak perih dan menyebabkan menangis. Selamat mencoba saran kami dirumah yah.
Semoga bermanfaat
Terimakasih...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment